Latihan Motorik Halus

Sederhana namun asyik. Aktivitas ini melatih keterampilan motorik halus si kecil. Otot tangan dan jemari yang kuat serta lentur membuat si kecil pintar menulis dan menggambar.

Anak-anak usia prasekolah butuh persiapan dasar yang matang sebelum bersekolah. Persiapan dasar, yang bisa dilakukan melalui permainan, antara lain melenturkan otot-otot tangan agar mampu memainkan gerakan rumit. Yaitu, gerakan-gerakan halus yang harus dikuasainya untuk melakukan kegiatan akademik seperti menulis dan menggambar. Aktivitas-aktivitas apa sajakah itu?

Menggunting kertas

Kegiatan memegang dan menggerakkan gunting melatih otot-otot yang sama yang akan digunakan untuk menulis. Anda perlu mencermati cara si kecil memegang gunting. Posisi gunting yang benar adalah, ibu jari dan jari tengah berada di dalam lubang gunting, jari telunjuk berada di bagian luar lubang gunting untuk menstabilkan gerak gunting. Sementara, jari keempat dan kelima menekuk ke arah telapak tangan. Beri si kecil keleluasaan melakukan kegiatan ini.

Melipat kertas

Keterampilan membuat origami baru akan dikuasai sungguh-sungguh saat anak berusia enam tahun. Tetapi latihan dapat dimulai sejak anak berusia tiga tahun.

Untuk anak-anak usia prasekolah, Anda bisa melatihnya membentuk persegi panjang atau segitiga dari selembar kertas berbentuk bujur sangkar. Bila si kecil sudah mahir membuat lipatan sederhana, Anda bisa melatihnya melipat bentuk amplop.

Jari-jari anak usia prasekolah masih kerap ‘terpeleset’, sehingga lipatannya pun kerap melenceng. Jadi, jangan terlalu menuntutnya membuat lipatan yang rapi.

Latihan melipat kertas akan memperkuat otot-otot telapak dan jari tangan anak, yaitu saat anak melipat dan menekan lipatan itu. Kekuatan bagian telapak dan jari dibutuhkan untuk memegang dan menggerakkan pensil.

Memutar koin

Memegang uang logam pada posisi berdiri, kemudian memutarnya hingga menghasilkan putaran yang baik sangat disukai anak. Anak usia kira-kira empat tahun mulai dapat melakukannya, meski kadangkala jarinya masih terpeleset. Kegiatan ini melatih kelenturan otot kecil pada jari tangan, seperti digunakan saat membuat huruf-huruf menggunakan pensil.

Menyambung titik-titik

Ajak anak melatih keterampilan motoriknya dengan menyambung titik-titik kecil membentuk sebuah gambar. Keterampilan ini dibutuhkannya untuk menulis.

Anak-anak usia prasekolah gemar melakukan kegiatan ini. Tapi jangan paksa dia menyelesaikan seluruh latihannya bila mereka mengatakan, “Udah akh, capek, pegal.” Ini karena kekuatan otot lengan bagian atas mereka memang masih terbatas.

Melukis karton

Buatlah beberapa pola gambar pada karton, kemudian minta si kecil membuat gambar serupa dengan gambar yang Anda buat. Bisa juga Anda membuat pola gambar dengan titik-titik yang besar. Usahakan titik-titik itu arahnya bervariasi, dari samping kiri ke arah atas, dari atas ke bawah dan dari bawah ke arah samping. Mintalah anak menyambung titik-titik itu.

Kegiatan ini untuk mengembangkan keterampilan visual-motor anak yang akan digunakannya bila ia perlu membuat sebuah gambar besar. Misalnya, disain ruang atau taman.

Meronce

Untuk bisa meronce sedotan warna warni menjadi seuntai kalung, dibutuhkan kelenturan otot pada jari tangan. Seperti pada kegiatan menjahit, kegiatan ini mengandalkan kekuatan otot ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah. Cara anak memegang benang untuk dimasukkan ke dalam lubang sedotan sama dengan ketika ia memegang pensil untuk menulis.

Gambar tempel

Menempel stiker dapat dilakukan anak sejak ia berusia satu tahun. Pada usia ini, anak cenderung menempelkan stiker di tempat kosong. Ajak anak menempel stiker di atas sebuah pola yang berbentuk sama dengan bentuk stiker. Kegiatan ini lebih rumit karena anak harus mengerahkan kemampuan visual, imajinasi dan motorik halusnya. Kegiatan merekatkan gambar tempel ini melatih aspek visual-motor dan melibatkan imajinasi yang diperlukan anak dalam kegiatan menggambar.

Mie lilin

Permainan ini diminati sepanjang zaman. Dari lilin aneka warna, si kecil dapat menciptakan berbagai bentuk. Awalnya, Anda dapat menunjukkan bagaimana memperlakukan lilin itu menjadi bentuk-bentuk yang punya makna.

“Cacing”, mungkin bentuk pertama yang dibuat anak. Setelah berhasil membuat satu “cacing”, ia akan membuat lagi, lagi dan lagi. Dengan banyaknya “cacing” yang dibuatnya, muncul ide baru, dan ia menyebut bentuk itu “mie”. Bentuk ini memang paling dikuasai si kecil, karena ‘hanya’ mengandalkan telapak tangan yang dibantu kekuatan lengan untuk menekan dan menggulirkan lilin di atas meja. Begitu anak bosan dengan satu bentuk yang dikuasainya, ia akan mencoba bentuk lain. Permainan ini menguatkan seluruh otot tangannya, mulai dari lengan bagian atas, telapak dan jari tangan.

Immanuella F. Rachmani


Berawal dari Keseimbangan

Semua kegiatan yang mengandalkan keterampilan motorik halus dan visual-motor dipengaruhi stabilitas tubuh atau keseimbangan. Sebelum tubuh benar-benar seimbang, tangan tidak akan fokus pada keterampilan yang lebih khusus.

Jadi, begitu keseimbangan tubuh berkembang, tangan dan jari mulai berkembang lebih tangkas, tak sekadar melakukan gerakan meraih. Keseimbangan tubuh dapat diusahakan melalui gerakan-gerakan seperti:

* Merangkak dengan telapak tangan dan telapak kaki sebagai tumpuan, kemudian melakukan gerakan menyamping, mirip kepiting berjalan.
* Push-up dengan tangan bertumpu pada dinding.
* Gerakan berputar-putar yang sangat digemari anak usia tiga sampai empat tahun, juga merupakan gerakan yang bertujuan memperoleh keseimbangan.
* Bergelantungan seperti kera. Gerakan ini memang tak mudah dilakukan anak batita. Tetapi secara naluriah, anak usia ini senang bila kedua sisi tangannya dipegang, kemudian tubuhnya diangkat untuk melompati genangan air atau polisi tidur.

Jangan anggap remeh bila anak melakukan kegiatan yang tampak aneh-aneh. Tak perlu risau bila si kecil berkali-kali ingin mengulang aktivitas motorik yang itu-itu saja dan tak perlu mengalihkan kegiatannya hanya karena Anda bosan melihatnya. Anak belajar dari pengulangan. Biarkan ia mengulang gerakan yang belum ia kuasai dengan baik.

0 komentar: