Berlatih Atasi Masalah



Sambil bermain anak belajar mengatasi problem yang menghadang. Prosesnya spontan dan bebas!

Bari senang bermain pura-pura. Dia gunakan apa saja untuk bermain. Misalnya, selimut untuk mendirikan tenda atau menunggangi sapu sebagai pengganti kuda. Bermain pura-pura memberi kesempatan pada Bari untuk berlatih memecahkan masalah.

Tanpa takut salah

Melalui bermain, secara spontan anak belajar cara-cara memecahkan masalah. Karena, ketika bermain anak bebas bereksperimen, mengimajinasikan berbagai perilaku alternatif yang dibutuhkan untuk mengatasi persoalan, tanpa takut salah atau dinilai salah oleh orang dewasa. Bermain juga mendorong Anak bebas mengimajinasikan berbagai aksi berbeda berikut konsekuensinya, lalu memilih yang dirasanya tepat melalui simulasi.

Seperti Bari yang tanpa takut salah, ketika menyiapkan alat-alat permainan. Jika gagal? Gampang saja… Bari mencoba alternatif lain hingga ia mendapatkan cara paling tepat. Jika ditanya atau dikritik, paling-paling ia berkata dengan ringan dan tanpa beban, " Bari ‘ kan sedang main!"

Kemampuan anak mengobservasi lingkungan menjadi nilai tambah si kecil untuk meningkatkan kebisaannya menyelesaikan masalah. Di samping itu, anak pun mengetahui variasi permainan dan kesempatan seluas-luasnya untuk bermain.

Mampu mengatasi masalah

Berikut ini berbagai permainan yang dapat meningkatkan kemampuan si kecil memecahkan masalah:

* Puzzle

Permainan puzzle, yang membutuhkan cara memecahkan masalah secara coba-salah, merupakan salah satu permainan yang terbukti dapat membantu anak meningkatkan kemampuan tersebut.

* Bermain peran

Bemain peran, seperti dilakukan Bari , membantu meningkatkan kreativitas anak dalam memecahkan masalah melalui berbagai cara yang bebas dilakukan dalam permainan tersebut.

* Balok atau lego

Tidak terlalu berbeda dengan puzzle , bermain balok atau lego meningkatkan kreativitas si kecil memecahkan masalah ketika ia berupaya membangun sesuatu menggunakan mainan tersebut.

* Games

Berbagai games seperti bermain kartu, domino atau monopoli merupakan permainan yang mengajarkan anak strategi memecahkan masalah ketika bermain untuk memenangkan permainan. Tentu saja si kecil butuh waktu menguasai permainan jenis ini sebelum ia benar-benar mahir berstrategi.

Tentu ada permainan-permainan lain yang dapat membantu anak meningkatkan kemampuannya memecahkan masalah. Orang tua diharapkan kreatif mengolah permainan yang menarik bagi anak, dan membebaskan si kecil bereksperimen.

Esthi Nimita Lubis(ayahbunda)

0 komentar: