Anak 4 Tahun Belum Bisa Ngomong \'R\'

Sumber: ibu ibu DI

Tanya
Anak temanku umurnya 4 tahun kalau mengucapkan 'r' jadi 'l'. Temanku khawatir ada kelainan pada lidah anaknya. Mohon sharing.

Jawab
Jangan khawatir, aku baru bisa ngomong 'r' kalau tidak salah SD kelas 2 atau kelas 3. Oomku malah SD kelas 6! Tidak tahu kenapa. Tapi seingatku, caranya aku bisa ngomong 'r', sewaktu aku mandi di bathtub, di air keran yang mengalir aku ngomong 'rrrrrrrrrrrr'. Eh terus bisa! Senangnya. Sebelumnya 'r' ku sepert orang Perancis, pakai tenggorokan, bukan pakai lidah.(Yun)

Apa anak umur 4 tahun 'seharusnya' sudah bisa ngomong 'r' ? Aku belum pernah ketemu anak seumuran gitu yang sudah bisa omong 'r' dengan jelas. Aku bisa omong 'r' secara nyata saat SD kelas 2. Makanya, anakku 4.5 tahun, r-nya masih tidak jelas, yah tidak apa-apa. Dulu adikku juga tidak bisa ngomong 'r'. Ternyata usut punya usut gara-gara lingkungan sekitarnya juga mendukung. Di rumahku, banyak yang tidak bisa ngomong 'r'.(Dhe)

Anaknya temanku baru 3 tahun sudah bisa bilang 'r' dengan jelas. Tadinya aku tenang-tenang saja waktu anakku belum bisa bilang 'r' tapi setelah tahu ada anak 3 tahu yang bisa bilang 'r' jelas, aku jadi senewen. Sudah aku tunjukin cara bilang 'r' yang benar, pakai lidah bukan tenggorokan, tapi karena anakku tidak bisa meliat getaran lidahku dengan jelas, jadi dia suka bilang 'ibu mulutnya dibuka donk biar keliatan'.(Rie)

Aku tidak begitu yakin, kalau itu faktor keturunan. Kalau lingkungan, mungkin iya. Di tempat nenekku di Palembang, aku banyak menjumpai anak-anak, atau orang dewasa yang belum jelas ngomong 'r'nya. Apalagi yang suku-nya Komering. Temanku sampai sekarang juga r-nya masih cadel. Tapi dia baik-baik saja, bisa jadi penyiar radio, dan sekarang penyiar SCTV.(Yun)

Kalau menurutku faktor keluarga bisa mempengaruhi karena kakakku juga tidak bisa ngomong "r". Ini bukan karna kebiasaan, tapi karena ujung luar lidahnya menyambung kebagian bawah lidah.(Rir)

Suamiku dulu bilang 'r' agak lama, kelas 1 SD, kalau aku cepat, kira-kira umur 2 - 3 tahunan lebih sudah bisa. Anakku sampai sekarang belum bisa, sekarang tetap kita usahakan koreksi, dipancing-pancing, supaya mengeluarkan rrr-nya, jangan semua-semua jadi l. Rrr-nya paling bisa keluar kalau ngomong 'orrrange', itu juga tidak nyata, seperti r-nya orang bule. Aku tanya ke gurunya, kata gurunya sebaiknya terus dipancing dan dikoreksi, sebab jika tidak, lama-lama anak mungkin dapat 'jalan keluar sendiri, tapi "r" yang ditenggorokan.(Rie)

Anakku yang pertama, 6 tahun, bilang "r" dengan jelas saat umur 2,8 tahun. Dari umur setahunan pun bilangnya sudah jelas. Berbeda dengan adiknya, sudah 3,3 tahun, jangankan 'r', bilang yang lainnya saja masih tidak jelas. Kalau konsonan susah lainnya, k, s, g, dan lain-lain sudah bisa, tapi tetap sja kedengerannya masih cedal. Apa karena si bungsu selalu dimanja. Jadi kesannya ngomongnya kemanja-manjaaan.(Ir)

0 komentar: