Mengajari Kepekaan

Sumber: Ibu-ibu DI

Tanya

Moms, anakku yang kedua, belakangan ini menurut aku suka kurang peka sama orang sekitar, contoh: di les balet di bagi-bagi kue nastar, gurunya bilang: ayo di makan lagi kue nya terus raissa bilang: tidak mau, kuenya tidak enak bicaranya keras lantang gituh! aku lalu protes ke anakku, pas sudah di jalan pulang kita bicara berduaan, aku bilang jangan gitu, nanti bu gurunya tersinggung, lalu anakku bilang: ya memang tidak enak kok.. aku kan ngomong apa adanya... hehe..., mati gaya deh aku, lalu aku bilang sebaiknya diam-diam saja atau bilangnya pelan-pelan saja ke gurunya, tidak usah di umumkan ke teman-teman sekelas begitu...kalau ada saran lain, pengalaman serupa di tunggu sharingnya! [DRS]

Jawab

Tidak apa-apa, namanya juga anak-anak, lama-lama juga dia mengerti sendiri. Kalau aku malah senang anak-anak karena gaya blak-blakannya [MP]

Nah itu dia, aku juga sempat berpikir begitu, cuma ada ketakutan bakal
keterusan hehe...[DRS]

Sudah coba dengan penjelasan terbalik belum? Missal jadi kita kasih tahu ke anak kita bagaimana kalau kita di posisi si pemberi kue atau gurunya ya? Bagaimana perasaan kita, kalau kita jadi guru dan dia dapat komentar dari muridnya yang cantik seperti itu? Atau mamamu pintar masak, minta anakmu untuk merasakan perasaan omanya, kalau ada komentar negative begitu? Kasih tahu juga kalau kita masih bisa kasih tahu bu guru kuenya tidak enak tapi lain kali bisik-bisik ya? Kan kasihan gurunya sudah belikan atau membuat kue capek-capek. Sama dengan pedas, enak juga relative jadi tidak enak buat kita belum tentu tidak enak buat anak lain kan? Anakku malah tidak suka kalau terlalu gurih atau terlalu manis [NM]


Tenang saja mbak, namanya anak-anak. Aku punya pengalaman begitu juga, lagi bertamu ke rumah orang, orangnya sudah eyang-eyang, majang kukis macam-macam di meja tamunya, enak-enak, mahal-mahal. Anak aku ambil (bagus satu, dia malah ambil beberapa) terus dilepeh, dia bilang "ngga enak!" didepan muka orangnya lagi, untung orangnya baik. Aku tidak enak sekali, aku bilang "lain kali kalau tidak suka tidak usah ambil, sayang kan kuenya dibuang" [V]

0 komentar: