Kakak adik satu sekolah, (+) or (-)?

Sumber: ibu ibu DI

Tanya
Apakah sebaiknya kakak beradik sekolah di sekolah yang sama? Pemikirannya begini, dari sisi positif kan seharusnya si adik bisa lebih tenang, krn ada kakaknya yg bisa bantu ngawasin, tapi ada juga pendapat temenku, bisa malah negatif krn si adik bisa merasa tertekan apalagi kalau si kakak anak yg berprestasi, jadi si adik akan selalu dibanding²kan dgn si kakak oleh guru² atau teman² lainnya. "Kok kamu gak seperti kakakmu sih dst....". Pengalamanku sendiri dgn adikku selalu satu sekolah sejak TK, kecuali SMA dan kuliah, dan kalau sekarang aku tanya adikku, dia bilang dulu kadang sebel juga, krn sering merasa jadi "bayang²" aku. Kaget juga jadinya, abis gak pernah berasa gitu sih. Gimana ya moms, boleh sharing dong pengalaman pribadi jaman kecil dulu atau gimana nerapinnya ke anak² sekarang? (Ma)

Jawab
Aku dulu juga satu sekolah sama adikku, walaupun cuma 2 tahun. Menurutku nggak ada masalah sih. Malah bisa hemat ongkos, krn langsung di drop di satu tempat. Trus buku juga bisa dilungsurin ke adiknya, tapi ini hanya berlaku utk yg udah SD. Tapi rasanya jaman dulu, aku & sepupuku yg beda kota-pun bisa saling pinjam buku ya, krn relatif buku paketnya sama. Kalau sekarang ini, satu sekolah aja belum tentu sama, jadi nggak tahu deh apakah keuntungan yg terakhir ini masih bisa diperoleh. Di Bintaro udah mulai banyak sekolah yg bisa buat Kakak-Adik sekaligus dgn catatan jarak umur antara kakak-adik itu nggak jauh. Kayak di Al-Azhar yg bisa dari Play Group sampai SMP; Aulia & An-Nissa. Sebenarnya Pembangunan Jaya kalau bisa satu lokasi mulai dr PG-SMA asyik banget tuh. Sayang aja lokasinya berpencar di 3 tempat. Trus ada lagi RICCI, tapi aku kurang tahu sampai tingkat apa. Tapi sepertinya ngumpul satu tempat. Ada juga Tunas Indonesia walaupun baru sampai SD. Kalau di daerah BSD lumayan banyak malahan, malah sampai Stella Maris juga ada di sana. (Lu)

Aku dan kakakku dari TK sampai kuliah sama, sampai kakak protes "aduh kamu tuh dari TK ngikut terus" bener² protes. Kalau TK-SMA sih banyak suka dukanya krn anak² ibuku yang 11 org sekolah dalam satu atap yang sama, sampai semua guru² hapal, biasalah ada yang membandingkan, ortu sih sudah memberikan pengarahan bagaimana harus bersikap kalau dibandingkan satu dgn yang lain, jadi kami baik² saja. Aku menggarisbawahi bahwa peran ortu sangat besar dalam memberikan bimbingan bersikap. (De)

Sharing pengalamanku dengan adikku, umur kami bedanya 1 1/2 thn. Karena sama-sama cewe dan perbedaan umur yang gak terlalu jauh, kami akrab banget seperti anak kembar (karena postur badan juga gak beda jauh). Pernah satu sekolah dari SMP sampe SMA. Kayaknya OK aja. Walaupun aku boleh dibilang lebih berprestasi dari adikku, apalagi adikku cenderung agak bandel. Biasanya waktu pengambilan rapor mamaku dicurhati guru-guru krn kelakuannya. Adikku juga gak pernah complain merasa tertekan dan kami berdua gak pernah punya masalah yang serius. Kalau di sekolah kami main dengan teman kelas kami sendiri tapi kalau papasan di sekolahan juga gak merasa canggung untuk bertegur sapa. Pulangnya juga barengan kecuali kalau masing-masing ada kegiatan lain seusai sekolah. Mungkin yang harus diperhatikan adalah hubungan putra putri, perbedaan umur, dan perbedaan jenis kelamin. (El)

Dari TK sampai SMP aku selalu satu sekolah dengan 2 kakakku. enak juga

Segi positifnya:

a.. Selain kalo ada masalah dengan temen di sekolah bisa ngadu ke kakak (ceritanya kakakku khan kakak kelas) jadi pasti yang mo macem-macem liat-liat dulu.
b.. Dapet lungsuran buku kalo sama, irit pengeluaran ortu..
c.. Asyiknya ikutan antar jemput bareng...

Segi negatifnya:

a.. Pasti selalu dibeda²in sama guru soal tingkah laku kita atau kerjaan lainnya. (Vi)

Aku sih sebenernya nggak pernah bener-bener satu sekolah sama adek²ku soalnya beda umurnya 5 tahun dan 8 tahun. Tapi yang berasa banget pas adekku yang cowok (beda 5 tahun) masuk SMA yang sama ama aku. Pada awalnya gak ada yang tau kalo dia adekku tapi mungkin karena mukanya mirip², akhirnya ketauan deh. Sejak itu guru² seneng banget ngebanding² in dia sama aku. Sebenernya dia lebih pinter dari aku, tapi mungkin karena dia cowok, lebih males dan lebih bandel. Mungkin karena pas masa puber juga, udah gitu ditambahin dengan omongan guru yang sering ngebandingin kita. Akibatnya dia jadi kebeban untuk harus lebih baik dari aku. Kalau nggak berhasil lebih baik dari aku, he become so stressed out dan mulai bolos sekolah. Bahkan sampe detik² terakhir menjelang ebtanas dia masih seperti itu. Alhamdulillah setelah sekeluarga memberi support dan pengertian, dia amazingly lulus SMA rangking 10 besar dan sekarang dapet beasiswa ke Belanda. Lain dengan adek saya yang paling kecil, dia paling bolot, males lagi (cewek). Tapi anaknya cuek, dibanding² in ama kakak²nya juga nyantai aja. Jadi kalo menurut aku, tergantung kepribadian anaknya, kira² bisa kuat ato nggak dibanding² in. Tapi kalo misalnya seimbang, ya nggak masalah. (Ta)

Aku sih sekarang malah kepengen anakku, kalau bisa, satu sekolah. Menurutku banyakan positifnya, selain dari segi ongkos. Rasa kakak-adikpun terbentuk lebih akrab kayaknya. Si kakak bisa juga membimbing adiknya (kebetulan anakku yang besar selalu tergerak untuk jadi "kakak". Mungkin buat anak lain jadi beban, anak khan beda - beda). Khusus untuk anakku, si kakak kepengen banget satu sekolah dengan adiknya. Dan kayanya, adiknya lebih sreg juga kalau bisa bersama. (kebetulan si kakak mau SD si adik mau Pre-school). Sayangnya di Bintaro sekolah yang bisa satu lingkungan itu jarang banget ya. Kalau ada masukkan mengenai hal ini aku juga tertarik banget. (Dh)

Aku sama kakakku dari tk sampe sma satu sekolah, kalau dua adikku yang lain beda sejak smp. Enaknya bisa dapet lungsuran buku, diktat, sama kebiasaan guru², terus kakak kelas juga nggak berani galak², soalnya ada kakakku. Tapi nggak enaknya nih, bener² deh soal dibandingin ini, aku sama om ku yang bedanya puluhan tahun pun masih suka disebut² sama guru SD ku. Apalagi sama kakakku yang bedanya cuma 2 taun. Kayaknya, mesti dibekelin wejangan kalo mau satu sekolah. Biar identitas keduanya nggak keganggu, abis aku ngerasa dulu sempet berasa krisis identitas dibanding²in terus sama kakakku, padahal aku sama dia beda "jurusan", hampir di segala hal. (In)

Aku tiga bersaudara cewe semua dan kita hanya selisih umur 1 thn. Kebetulan waktu SD kita satu sekolah. Adikku yg paling kecil waktu kecilnya sangat pendiam, nyaris nggak punya teman dan nggak selincah/ segesit 2 kakaknya, bisa kebayang deh, waktu itu kita bertiga sempet jadi perhatian para guru², krn kita lumayan juga disekolah, dapat ranking, termasuk adikku itu, cuma krn dia serba lambat dan pendiam, kalau ditanya guru, dia malah diam, responnya kurang, guru pastilah ngebandingin dgn kakaknya, yg sedihnya, selalu adikku yg kecil yg kena dan denger omongan itu, itu juga yg mungkin bikin dia makin pendiam dan si kecil ini ngungkapin semuanya pas kita² udah pada kuliah/lewat masa² sekolah, dia bilang dia sedih banget dan sebel kalau dibandingin gitu. Waktu smp sampai kuliah aku udah nggak bareng mereka lagi, tapi 2 adikku itu sampai sma bareng, yg melegakan buat sikecil, pas dia SMA, krn beda jurusan ama kakaknya, dia bilang dia seneng sekali nggak beban dan temannya jadi banyak. Ini semua mungkin juga krn pas smp-nya dia kan bareng kakaknya (adikku satu-nya lagi) tapi mereka selalu beda waktu kelasnya, kalau kakaknya masuk pagi, dia masuk siang. Harus diliat keadaannya juga ya, maksudku dulu meskipun guru sering cerita tentang kita pas bagi raport, ibuku dan kitanya juga nggak terlalu mempermasalahkan hal² ini, krn adikku jg nggak bermasalah dgn nilai²nya. (Rh)

Kesimpulan :

Akhirnya setelah berdiskusi dgn suamiku, Insya Allah anak²ku akan sekolah di sekolah yang sama, krn pertimbangan ongkos, kurikulum yg serupa (mudah²an jadi bisa share buku), lingkungan yg akrab dan kemudahan² lainnya, setidaknya sampai SMP, nanti waktu SMA Insya Allah mereka kita pisahkan, supaya bisa berkembang punya identitas sendiri gak dibayangi image saudara kandungnya masing-masing. Insya Allah juga kita ortunya diberikan kemampuan untuk bisa kasih arahan supaya masing-masing anak punya self confidence yg kuat sehingga bisa jadi pribadi yang mandiri. (Ma)

0 komentar: